JUTEKIN (Jurnal Manajemen Informatika)
Vol 9, No 2 (2021): JUTEKIN

SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN PEDAGANG KAKI LIMA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PEDAGANG KAKI LIMA KOTA TASIKMALAYA)

Aneu Yulianeu (STMIK DCI)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan orang yang menawarkan barang atau jasa dengan modal relatif sedikit dan berjualan di tempat yang tidak semestinya. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh PKL dalam menjalankan usahanya yaitu permasalahan pengelolaan keuangan. Saat ini PKL melakukan pengelolaan keuangan dengan cara mencatata pemasukan dan pengeluran secara manual, hal itu dianggap kurang efektif karena informasi yang dihasilkan dari pengelolaan data tersebut bisa kurang akurat dan buku yang digunakan beresiko rusak atau hilang. Dari permasalahan tersebut, penulis memiliki gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis android yang berfungsi untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, kemudian memprosesnya menjadi sebuah laporan keuangan. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu metode waterfall dan proses pembuatannya menggunakan IDE Embarcadero Delphi serta MySQL untuk basis data. Aplikasi pengelolaan keuangan ini dapat mencatat data pemasukan, pengeluaran, utang, dan piutang. Selain itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat membantu PKL dalam membuat keputusan berdasarkan laporan keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi. Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan, Pedagang Kaki Lima (PKL), Android.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jutekin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal JUTEKIN ISSN : 2541-6375 (Online) PSSN : 2338-1477 (Cetak) di http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jutekin) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu Teknik Informatika. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal JUTEKIN ...