Desain suatu produk tidak hanya berfungsi sebagai pelindung isi, namun telah menjadi telah berubah fungsinya menjadi media promosi dan penarik minat konsumen. Maka dari itu, desain kemasan yang telah dirancang dan dimodifikasi diharapkann dapat meningkatkan minat dan daya beli konsumen. Akan tetapi, kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha adalah kurangnya kemampuan dalam membuat desain kemasan produk. Maka dari itu, penulis bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan mengadakan sosialisasi pelatihan desain kemasan serta pendampingannya dalam rangka mengatasi kendala yang dihadapi para pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode observasi dan metode wawancara / interview, sedangkan metode analisis data menggunakan pendekatan induktif karena penelitian ini bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah para pelaku UMKM sektor kuliner yang mengikuti pelatihan desain kemasan sudah mulai bisa membuat desain kemasan yang lebih menarik untuk digunakan oada produk mereka sendiri, dengan adanya peningkatan kemasan yang lebih baik maka nilai suatu produknya pun naik.
Copyrights © 2021