MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal
Vol 3, No 1 (2018): MIND Journal

IMPLEMENTASI PENGOLAHAN MODEL WARNA RGB PADA APLIKASI IDENTIFIKASI WARNA

Asep Nana Hermana (1Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional 2Jurusan Teknik Elektro Universitas Langlangbuana)
Andriana Zulkarnain (1Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional 2Jurusan Teknik Elektro Universitas Langlangbuana)
Yudi Arief Riadi (1Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional 2Jurusan Teknik Elektro Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Ada sebagian orang yang memiliki kelainan pada penglihatan, salah satunyaadalah kelainan melakukan identifikasi warna (buta warna). Salah satu cara untukmenolong melakukan identifikasi warna yaitu dengan cara menampilkan informasiwarna ke dalam teks. Informasi warna video digital masih berbentuk model warnaYCbCr. Model warna YCbCr adalah model warna yang digunakan pada kamerahandphone. Metode pengkonversian YCbCr digunakan untuk mendapatkan danmengkonversikan nilai warna yang didapat ke dalam model warna RGB. Nilai hasilpengkonversian dibandingkan dengan nilai RGB yang tersimpan pada programdengan menggunakan metode euclidean distance. Metode euclidean distanceberfungsi untuk mencari nilai selisih terkecil dari dua matriks yang dibandingkan.Hasil perbandingan ditampilkan sebagai keluaran yang terdiri dari gambar warna,nama warna, nilai warna dan warna yang serupa dengan hasil perbandingan.Berdasarkan hasil pengujian warna objek dapat dideteksi dengan persentasekeberhasilan mencapai 93,75%.

Copyrights © 2018