EDUPEDIA
Vol 5, No 2 (2021): Oktober

Problem-Based Learning: Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Emida Fidyareni (Universitas Ahmad Dahlan)
Mukti Sintawati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model problem-based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Design penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Salam I Magelang. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di masa pandemi pada bulan Oktober-November 2020. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara online menggunakan bantuan aplikasi Whatsapp. Guru memberikan instruksi dan berdiskusi dengan siswa melalui whatsapp group. Rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) dikembangkan dengan tahapan model PBL.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika, dan lembar observasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika dari siklus I ke siklus II sebanyak 15,79%.  Pada siklus I, hasil belajar siswa yang tuntas mencapai KKM ada sebanyak 68,42%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,21%. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD pada materi KPK dan FPB. Masalah yang diberikan dalam  LKS membuat siswa untuk lebih berpikir dan memahami soal daripada menghafal rumus sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan berdampak pada hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...