Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2021)

Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Natural Approach Di RT03/RW01 Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tampan Pekanbaru

Refika Andriani (Universitas Lancang Kuning)
Syaifullah Syaifullah (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Kemampuan bahasa Inggris anak-anak sekolah Dasar di RT03/RW01 kelurahan Tuahmadani kecamatan Tampan Pekanbaru rendah. Ini dapat dilihat dari proses interaksi sehari-hari antara peneliti dan mereka. Selanjutnya, ini juga dapat dilihat dari nilai quiz yang diberikan pada saat kegiatan pendahuluan, nilai mereka rata-rata 55. Rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris mereka disebabkan oleh dua faktor. Sebagian mereka ada yang belum belajar bahasa Inggris dan separohnya tidak suka belajar bahasa Inggris. Untuk mengatasi dua faktor tersebut, peneliti memberikan pengabdian  pengajaran bahasa Inggris berbasis Natural Approach dalam beberapa pertemuan. Peneliti memilih tema ini karna ada beberapa konsep yang dapat diterapkan dalam pengajaran bahasa Inggris dengan konsep Natural Approach. Pertama, Natural Approach yang telah di terapkan tidak terikat dengan ruang dan waktu. Guru dapat mengajar murid di dalam ruangan atau di luar ruangan. Kedua, guru menjadi model dalam proses pengajaran. Terakhir, pengajaran dapat dilakukan dengan learning by doing.  Sebagai hasilnya, penguasaan kota kata bahasa Inggris anak mengalami peningkatan. Kesimpulannya, anak-anak senang belajar bahasa Inggris dengan konsep Natural Approach yg didukung oleh media yang sederhana.Kata-kata Kunci: Pengajaran, bahasa Inggris, Natural Approach

Copyrights © 2021