Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 4 No. 1: JANUARI 2021 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Karakteristik Responden Terhadap Status Obesitas Remaja: A Quasy Eksperiment

Erni Yetti R (Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Akademi Kebidanan Sinar Kasih Toraja, Tana Toraja, Indonesia)
Zadrak Tombeg (Departemen Kesehatan Ibu dan Anak, Akademi Kebidanan Sinar Kasih Toraja, Tana Toraja, Indonesia)
Anto J. Hadi (Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padangsidimpuan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Status gizi remaja sangat dipengaruhi karakteristik keluarga dan merupakan salah satu masalah gizi kesehatan masyarakat. Remaja merupakan kelompok yang rentang terhadap gizi yang berdampak pada peningkatan prevalensi penyakit degeneratif akibat gizi lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik responden terhadap status obesitas remaja di Tana Toraja. Desain quasy eksperiment dilakukan pada 64 responden yang terdiri dari 32 kelompok intervensi dan 32 kelompok kontrol serta pengambilan secara simple random sampling dengan analisis chi-square dan mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden bermakna terhadap status obesitas remaja dengan nilai p < 0,05. Kesimpulan diperoleh bahwa ada pengaruh karakteristik responden terhadap status obesitas remaja. Bagi responden agar memperhatikan remaja yang mengalami obesitas agar dapat menerapkan pola makan yang sehat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...