Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER)
Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER)

Jalan Buntu Konsumen dalam Memproleh Perlindungan atas Sengketa Dengan Pelaku Usaha (Studi Kasus Customer dan Developer di Tasikmalaya)

Ai Kusmiati Asyiah (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
Ristina Siti Sundari (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Abstrak – Hubungan kegiatan usaha antara produsen dan konsumen di samping memberikan keuntungan juga sering menimbulkan konflik atau sengketa. Penellitian ini bertujuan untuk menelusuri hubungan bisnis antara customer dan developer yang menimbulkan sengketa yang tidak mendapatkan penyelesaian yang diajukan secara non litigasi. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dianalisis secara deskripsi melalui proses dan prosedur yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen melaporkan masalahnya untuk bisa diselesaikan di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) terhadap Developer. Penyelesaian secara litigasi dengan gugatan perdata di Pengadilan Negeri tidak akomodatif dikarenakan birokrasi yang ribet dan proses perkara yang memakan waktu yang cukup panjang. Oleh karena demikian dengan dikeluarkannya Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, diharapkan dapat menjadi solusi dalam memfasilitasi konsumen yang merasa dirugikan oleh developer guna mengajukan pengaduan terhadap pelaku usaha tersebut kepada Badan Penyelesaian Sengketa (BPSK) di luar pengadilan. Kata Kunci: Sengketa, konsumen, pelaku usahaAbstract – Businnes activities relationship between consumer and producer are not only giving advantage but also emerge the conflict. The study conducted to observe bilateral relationship between them that the conflict could not resolve by unlitigation way. The method used case study and analyze descriptively through the process and applicable procedure. The result showed that customer reported the problem in order to resolve at Consumer Conflict Resolve Institution against Developer. Resolving litigatively by lowsuit civil action to Distric Court was not accommodative due to complicated beaurocration and case process took long time. Therefore, issuance of laws Number 8, 1999 aabout Consumer Protection hopely could be solution in facilitating Consumers’ complain that have disadvantage by developer to file the complain to Consumer Conflict Resolve Institution by non-litigatitio way. Key words: Conflict, Cunsumer, Developer

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JUMPER

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jumper aim is to promote scientific articles that focus on accounting and management. Manuscript articles can come from researchers, academics, practitioners, lecturers, students and other observers who are interested in research in the field of accounting or management. JUMPER invites manuscripts ...