Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Personalized System of Instruction dan mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Personalized System of instruction lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dan menggunakan desain Pre Test–Post Test Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kerinci Tahun Pelajaran 2020-2021. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Personalized System of Instruction dan pemahaman konsep matematis dengan model Personalized System of Instruction lebih baik dari pemahaman konsep matematis model pembelajaran biasa.
Copyrights © 2021