Penelitian ini bertujuan mendesain dan mengimplementasikan sistem pembelajaran berbasis e-learning pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakue Tengah fokus pada materi pembelajaran bahasa Inggris kelas VII (tujuh). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pakue Tengah Kabupaten Kolaka Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dengan guru, observasi dan studi pustaka. Untuk merancang aplikasi ini digunakan metode perancangan struktural yaitu, use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram dengan pengujian white box. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari hasil pengujian program yang telah dilakukan, e-learning yang telah dirancang ini bebas dari kesalahan logika yang dapat menyebabkan program tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan serta kesimpulan dari Rekapitulasi hasil perhitungan sebelumnya diperoleh hasil Region (R) = 23, Cyclomatic Complexcity (CC) = 23 dan Independent Path (IP) =23, sehingga dapat disimpulkan program ini telah bebas dari kesalahan logika.
Copyrights © 2020