Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Modul Perangkat Lunak Aplikasi dengan Pendekatan PBL (Problem Based Learning). Modul PLA yang menggunakan pendekatatan Problem Based Learning yaitu pendekatan yang mendukung pengembangan kemampuan pemecahan masalah agar pembelajaran menyenangkan dan menarik dan pembelajaran yang selama ini berpusat pada dosen dapat mahasiswa aktif. Permasalahan yang disajikan adalah permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang disajikan dalam modul merupakan ilustrasi peristiwa yang berhubungan dengan dunia nyata. Penyajian masalah dapat berupa ilustrasi peristiwa dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat membuat untuk belajar lebih mandiri maupun kelompok. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo semester II yang memprogram mata kuliah Perangkat Lunak Aplikasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research And Development. Penelitian pengembangan menggunkan dengan tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evalution (evaluasi). Sebelum diujicobakan, Modul Perangkat Lunak Aplikasi terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli. Sampel akan diterapkan pada 3 kelas yaitu sebaayak 120 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, melihat nilai akhir pada mata kuliah.
Copyrights © 2020