Jurnal Tata Rias dan Kecantikan
Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Tata Rias dan Kecantikan

HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN SARANA PRASARANA DENGAN HASIL BELAJAR DI JURUSAN TATA KECANTIKAN DI SMK NEGERI 6 PADANG PADA MATA PELAJARAN KECANTIKAN DASAR JURUSAN TATA KECANTIKAN

Anisa Taqwina (Universitas Negeri Padang)
Rahmiati Rahmiati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Perkembangan kreativitas sangat erat kaitannya dengan perkembangan kognitif individu karena kreativitas itu sangat besar pengaruhnya terutama pada otak.Salah satu faktor penunjang untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu sarana prasarana disini peneliti melihat sarana prasana yang ada di SMK Negeri 6 Padang cukup memadai hanya saja mereka terkendala dengan fasilitas seperti facial bad yang kurang karena jumlah siswa yang banyak yang mengharuskan mereka bergantian dan hal tersebut akan memakan banyak waktu. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui kreativitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar kelas X Tata Kecantikan di SMK Negeri 6 Padang, b) mengetahui sarana prasarana dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar kelas X Tata Kecantikan di SMK Negeri 6 Padang dan c) mengetahui hubungan secara bersama-sama antara kreativitas belajar, dan sarana prasarana dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar kelas X Tata Kecantikan di SMK Negeri 6 Padang.Jenis penelitian yang penulis teliti ini adalah korelasional, penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Padang. Populasipenelitianadalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang Jurusan Tata Kecantikan tahun pelajaran 2019/2020 dengan total keseluruhan 34 siswa dengantekniktotal sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) yang disesuaikan dalam bentuk skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data ini menggunakan deskriptif dan uji korelasi berganda.Berdasarkan hasil dari penelitiankreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Kecantikan Dasar berada pada kategori tinggi dan sarana dan prasarana baik, secara parsialterdapat hubungan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar, secara parsialterdapat hubungan antara sarana prasarana dengan hasil belajar dan secara simultan terdapat hubungan antara kreativitas belajar dan sarana prasarana dengan hasil belajar di Jurusan Tata Kecantikan di SMK Negeri 6 Padang pada mata pelajaran Kecantikan Dasar Jurusan Tata Kecantikan, artinya hipotesa Ha diterima. Disarankan agar para siswadi kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang untuk meningkatkan hasil belajar dengancara menumbuh kembangkan kreativitas belajar dalam diri siswa, agar terciptanya peningkatan dan visi dan misi yang ada pada jurusan Tata Rias dan Kecantikan dan bagi pihak sekolah untuk menyedikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang siswa untuk melakukan praktek mata pelajaran dasar kecantikan  seperti satu siswa satu alat praktek sehingga siswa lebih mampu memahami mata pelajaran dasar kecantikan yang akan disampaikan oleh guru dan pada akhirnya hasil belajar yang di peroleh siswa dapat dicapai dengan maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitrk

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Journal of Makeup and Beauty (ISSN 2714 – 5433) journal of make-up and beauty is a scientific journal published by Padang State University in collaboration with the Association of Indonesian Makeup Education Study Programs (PPTRI). The purpose of this journal is to publish articles dedicated to ...