Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 1 (2018): Maret 2018

Analisis Profitabilitas dan Pettumbuhan Saham Perusahaan Seblum dan Sesudah Memperoleh Sertfikasi ISO 14001: (Studi pada Perusahaan yang Bersertifikasi ISO 14001 dan listing di JII Periode 2011 -2015)

Suharsono, Riyanto Setiawan (Unknown)
Sa’diyah, Choirun Ni’matus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan sistem managemen lingkungan (ISO 14001) terhadap profitabilitas dan pertumbuhan saham perusahaan sebelum dan sesudah memperoleh sertfiikasi. Populasi dalam penelitian yaitu perusahaan yang listing di JII periode 2011 – 2015 dan telah memperoleh sertfikasi ISO 14001. Sampel penelitian diperoleh melalui metode purposive sampling dimana terdapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Data diuji menggunakan metode statistik uji normalitas kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji beda (uji t) menggunakan analisis Paired Sample T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada profitabilitas (ROA, ROE, NPM) dan pertumbuhan saham (Abnormal Return) antara sebelum dan sesudah memperoleh sertfikasi ISO 14001. Tidak ada perbedaan dimungkinkan beberapa hal yaitu 1).terlalu pendeknya jangka waktu penelitian. 2) perusahaan yang memperoleh sertifikasi hanya untuk memenuhi tuntutan bisnis saja. 3). Terdapat banyak faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan penjualan dan tidak dipertimbangkan seperti pengaruh kondisi politik dan ekonomi dalam dunia perdagangan. 4). Persaingan bisnis yang kompetitif di era globalisasiyang menyebabkan konsumen memiliki banyak pilihan produk dengan harga yang lebih terjangkau dan tingkat kualitas hampir sama.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

wiga

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi is published twice a year in March and September, published by Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama since March 2011. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi is intended as a forum for publishing scientific articles in the field of economics : Accounting, ...