Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran)
Vol. 6 No. 2 (2021)

ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MASA KEBIASAAN BARU (STUDI KASUS PT LADANG HIJAU KECAMATAN TIKUNG KABUPATEN LAMONGAN)

Muhtarom, Abid (Unknown)
Zulyanti, Noer Rafikah (Unknown)
Mufidah, Naurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Pemasaran ialah salah satu aktivitas utama sesuatu industri yang dicoba oleh para pengusaha supaya bisa bertahan, tumbuh serta mendapatkan keuntungan. Tujuan dari riset ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ekuitas merk, kualitas produk, kualitas pelayanan serta promosi terhadap loyalitas pelanggan di masa kebiasaan baru pada PT Ladang Hijau Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan menggunakan metode pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Populasi dalam riset para petani yang memakai pupuk organik, sehingga sampel yang diperoleh dari populasi tersebut merupakan sebanyak 80 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Alat analisis yang digunakan dalam riset ini merupakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t serta uji F. Analisis dicoba dengan metode menyebarkan kuesioner ataupun angket kepada seluruh responden. Hasil analisis regresi linear berganda Y= 4,295 + 0,240X1 + 0,373X2 + 0,226X3 + 0,271X4+ e. Berdasarkan hasil Uji F ( simultan ) diperoleh Fhitung sebesar 6, 785 dan nilai signifikansinya 0, 000. Sebaliknya Ftabel sebesar 2, 72 dengan α = 0, 05. Bersumber hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan tentang ekuitas merk, kualitas produk, kualitas pelayanan serta promosi berpengaruh pada loyalitas pelanggan secara bersamaan ( simultan), karena Fhitung > Ftabel ( 6, 785 > 2, 72 ) serta nilai signifikansi penelitian lebih kecil dari 0, 05 ( 0, 000 > 0, 05 ). Dari hasil uji t ( parsial ) ekuitas merk, kualitas produk, kualitas pelayanan serta promosi mempengaruhi secara parsial akan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan PT Ladang Hijau, bisa disimpulkan kalau keempat variabel tersebut berpengaruh positif serta signifikan. Sedangkan nilai R Square sebesar 0, 663 yang berarti 66,3% dari loyalitas pelanggan PT Ladang Hijau yang ada dapat dijelaskan oleh ekuitas merk, kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi, sedangkan 33,7% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor- faktor selain variabel tersebut. Kata Kunci : Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

penataran

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian dari para praktisi maupun akademisi di bidang Ilmu Manajemen. Diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu ...