Ayumi : Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra
Vol 5 No 1 (2018): AYUMI : BUDAYA, BAHASA, DAN SASTRA

PEMEROLEHAN PARTIKEL (JOSHI) BAHASA JEPANG PADA ANAK DI TK FUJI JAKARTA

Paradida, Yulia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini mengkaji jenis partikel bahasa Jepang yang sudah diperoleh dan yang sering digunakan oleh anak beserta faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan teori psikolinguistik genetik kognitif yang berhubungan dengan Language Acquisition Device (LAD) dan juga performansi dan kompetensi anak dalam pemerolehan bahasa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena sumber data yang berupa data lisan berasal dari penutur atau informan. Penelitian ini menggunakan metode simak dan metode cakap dengan teknik sadap, teknik simak libat cakap, teknik rekam atau teknik catat, serta teknik pemancingan. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding menyamakan. Hasil yang ditemukan, anak di TK Fuji Jakarta sudah memperoleh jenis partikel Kakujoshi, Setsuzokujoshi, Shuujoshi dan Fukujoshi. Jenis partikel yang paling sering digunakan oleh anak yaitu partikel yo (よ) dari kelompok Shuujoshi. Faktor-faktor yang mendukung dan mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak di TK Fuji Jakarta yaitu faktor biologis, faktor lingkungan sosial, faktor intelegensi dan faktor motivasi.Kata kunci : pemerolehan bahasa, psikolinguistik, partikel (joshi), faktor-faktor

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ayumi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal AYUMI adalah jurnal budaya, bahasa dan sastra yang diterbitkan oleh Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Sastra, Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal ini memuat hasil penelitian, artikel ilmiah, dan studi pustaka tentang budaya, bahasa, dan sastra Jepang. Kami mengundang para dosen prodi ...