Sinusoida: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro
Vol 23 No 2 (2021): Jurnal Penelitian dan Pengkajian Elektro

PENGUJIAN TEGANGAN TEMBUS PADA MINYAK TRAFO

Nizar Rosyidi AS (Program Studi Teknik Elektro, FTI – ISTN Jl. Moh Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa 12460 Jaksel 12630 telp.(021) 7270090)
Deki P (Program Studi Teknik Elektro, FTI – ISTN Jl. Moh Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa 12460 Jaksel 12630 telp.(021) 7270090)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Isolasi memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem tenaga listrik. Isolasi sangat diperlukan untuk memisahkan dua atau lebih penghantar listrik yang bertegangan sehingga tidak terjadi lompatan listrik atau percikan, contoh bahan isolasi adalah minyak transformator yang di gunakan sebagai penyekat juga berfungsi sebagai pendingin. Pada saat minyak transformator ini digunakan kekuatan isolasi minyak akan menurun di sebabkan oleh beberapa hal antara lain terpaan listrik yang terus-menerus adanya ketidakmurnian partikel padat, gelembung gas dan gelembung bola cair. Untuk mengembalikan kualitas isolasi maka dilakukan perbaikan kekuatan isolasi minyak dengan cara filtering tersebut secara berkala agar kualitas minyak menjadi lebih baik. Hasil pengujian tegangan tembus minyak trafo merk Shell type Diala B sebelum dan sesudah di filter. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji minyak merk Megger OTS100AF dengan acuan standard pengujian IEC 156.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sinusoida

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Sinusoida adalah jurnal ilmiah bidang teknik elektro diterbitkan oleh kampus Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta yang dikelola oleh program studi Teknik Elektro Sinusoida menerbitkan artikel penelitian dari berbagai topik di bidang elektronika, teknik tenaga listrik, telekomunikasi dan ...