Bulletin of Pedagogical Research
Vol 1 No 1 (2021): Bulletin of Pedagogical Research

Education Character Perspective of K.H Hasyim and Hafidz Hasan Al-Mas’udi

Moh Saiful Bahri (Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro Lampung, Indonesia)
Mispani Mispani (Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro Lampung, Indonesia)
Tukiran Tukiran (Pendidikan Karakter Perspektif K.H Hasyim As’ari & Hafidz Hasan Al-Mas’udi)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2021

Abstract

Karakter pendidik menurut K.H. Hayim Asy’ari sebagai guru adalah sebagai berikut; ihsan, taqwa, sakinah, wara’, tawadlu’, khusyu’, tawakal, tidak memuliakan para penghamba dunia, zuhud, memilih pekerjaan yang baik, menghindari tempat timbulnya prasangka buruk orang terhadapnya, istikomah, melestarikan sunnah, membasmi bid’ah, dan perhatian terhadap masalah agama kemaslahatan umat, menghiasi perbuatan dan pekerjaan dengan kesunnahan, berbudi pekerti yang baik, membersihkan jiwa dan raga dari akhlak yang tercela, antusias dalam menambah ilmu dan bersunggung-sungguh serta rajin membaca, belajar, mengulang-ulang ilmu, memberi komentar kitab, menghafal, berdiskusi, dan mengajarkan ilmu, bertanya sesuatu yang tidak diketahui, sibuk dalam mengarang, meringkas, dan menyusun. Sedangkan dalam mengajar beberapa bentuk karakternya adalah selalu bersuci, memakai wewangian, dan pakaian terbaik, duduk di tempat yang terlihat oleh para hadirin, sebelum memulai pelajaran membaca Al-Qur’an, mendahulukan pelajaran yang lebih mulia dan penting, memperhatikan suara saat mengajar, memilih tempat mengajar yang kondusif. Karakter pendidik terhadap murid yaitu bertujuan mendapat ridha Allah, menyebarkan ilmu, menghidupkan syari’at Islam, melanggengkan munculnya kebenaran dan terpendamnya kebatilan, menghindari sikap tidak mau mengajar murid yang tidak tulus niatnya, mendekatkan murid dengan sesuatu yang terpuji, metode terbaik, bahasa yang baik, semangat mengajar, meminta murid mengulang hafalan, bersikap ramah, merawat interaksi belajar, menjaga konsentrasi pikiran murid. Karakter pendidik menurut Hafidz Hasan Al-Mas’udi yaitu; Pendidik haruslah memiliki sifat terpuji dan mulia, bertakwa, rendah hati, ramah tamah, bijaksana, sopan santun, memiliki rasa kasih sayang, lemah lembut, hendaklah guru mengajarkan masalah yang sesuai dengan kemampuan murid. Keywords: Education Character, Pendidikan Hafidz Hasan Al-Mas’udi, Pendidikan K.H. Hayim Asy’ari

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bpr

Publisher

Subject

Education

Description

The mission of the Bulletin of Pedagogical Research is to serve as a research forum for a diverse group of scholars who are invested in the preparation and continued support of teachers and who can have a significant voice in discussions and decision-making around issues of teacher education. One of ...