Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 6, No 2 (2017)

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL DISTRESS, KOMITE AUDIT, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Puspita Rani (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2017

Abstract

Tax avoidancemerupakan upaya perusahaan untuk meminimalisir beban pajak perusahaan yang dibayarkan dengan mencari kelemahan peraturan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, financial distress, komite audit dan komisaris independen terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Sampel penelitian ini terdiri dari 54 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance dan komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan variabel lainnya yaitu financial distress dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akeu

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

akuntansi keuangan, akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi keperilakuan, pengauditan, perpajakan, sistem informasi ...