Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 6, No 2 (2017)

PENGARUH PENGALAMAN, KOMPETENSI PROFESIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan)

Tria Andika (Universitas Budi Luhur)
Martini Martini (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2017

Abstract

Kantor Akuntan Publik melakukan penugasan atas laporan keuangan yang diperlukan untuk meningkatkan kreditabilitas perusahaan, sehingga laporan keuangan yang didapat akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman, kompetensi profesional, kecerdasan intelektual, dan komitmen organisasi terhadap kinerja auditor. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada para auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 80 kuesioner. Dari 80 kuesioner yang disebarkan, jumlah kuesioner kembali dan dapat diolah sebanyak 75 kuesioner dari 12 KAP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t, uji kelayakan model dengan signifikansi 5% dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman dan Kecerdasan Intelektual berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Auditor, sedangkan Kompetensi Profesional dan Komitmen Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Auditor.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akeu

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

akuntansi keuangan, akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi keperilakuan, pengauditan, perpajakan, sistem informasi ...