Jurnal Ilmiah Sistem Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi
Vol 3 No 1 (2020)

Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Melalui Proses Pembelajaran Berbasis It Dimasa Pandemi Covid-19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

Yusri Yusri (AMIK LB)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Proses pembelajaran merupakan salah satu mentransfer ilmu pengetahuan melalui suatu media. Media dalam pembelajaran beraneka ragam seperti misalnya pendidik, buku/koleksi, atau pun media yang sudah canggih seperti media elektronik (Internet, LCD, Televisi, E-book, dan lain-lain). Media sangatlah penting peranannya jika berbicara dalam ruang lingkup masalah pendidikan. Baik prestasi belajar peserta didik ataupun motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai hal seperti pendidik, sarana prasarana, kemauan dan kemampuan individualnya masing-masing dan lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah termasuk di dalamnya adalah lokasi sekolah peserta didik dan sarana prasarana mempunyai pengaruh besar dalam prestasi belajar peserta didik. Dari pernyataan tersebut jelas bahwa sarana prasarana salah satunya pengadaan media dalam proses belajar mengajar akan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik tersebut. Pengadaan media di suatu sekolah sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi belajar peserta didik, karena media tersebut sangat membantu dalam proses pembelajaran. Media yang saat ini mulai di galakkan disetiap sekolah-sekolah yaitu media yang berbasis IT, seperti internet, penggunaan LCD saat proses pembelajaran, penggunaan e-book, komputer/laptop dan lain-lain. Perlu adanya media dalam proses pembelajaran tentulah tidak hanya bagi sekolah-sekolah yang berada di daerah perkotaan yang aksesnya lebih mudah, akan tetapi sekola-sekolah yang berada di daerah-daerah terpencil juga perlu meskipun aksesnya lebih sulit. Hal ini merupakan antisipasi dari adanya ketidakmerataan pendidikan di daerah-daerah terpencil dengan pendidikan di kota-kota besar. Pengadaan media pembelajaran yang berbasis IT, yang dalam hal ini sangat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik perlu di adakan di setiap sekolah, tidak hanya di sekolah-sekolah kota tapi sekolah-sekolah yang letaknya terpencil sekalipun perlu sebagai upaya menghilangkan persepsi masyarakat antara peserta didik yang sekolah di kota dengan peserta didik yang sekolah di desa. Selain itu adanya pembelajaran berbasis IT di semua sekolah, akan meminimalisir adanya ketidakmerataan pendidikan didaerah terpencil dan di kota.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ojsdata2018

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Sistem Informasi Berbasis Desktop dan Berbasis Client Server, Sistem Informasi Berbasis Web, Sistem Pendukung Keputusan (DSS), Multimedia, Sistem informasi Akuntansi, Jaringan, Manajemen Perkantoran dan ...