Jurnal Iqtisaduna
Vol 3 No 2 (2017)

STRATEGI DAGANG YANG DITERAPKAN PEDAGANG SAYUR KELILING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT

Purnama Purnama (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muslimin Kara (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui strategi dagang yang diterapkan  oleh  para  pedagang  sayur  keliling  di  kecamatan  Mapilli  dan  apakah strategi yang diterapkan tersebut telah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan sebagai dasar dalam melakukan analisis data penelitian. Model Analisis data yang digunakan ialah uji Tri Angulasi teori dan data. Metode ini digunakan dengan cara membandingkan hasil wawancara mendalam yang dilakukan peneliti dengan kenyataan yang tejadi dilapangan. Hal tersebut berguna untuk   memberikan   perbandingan  data  diantara  objek  penelitian   yakni   antara pedagang itu sendiri dan konsumen. Hal ini sangat membantu peneliti dalam mengungkapkan fakta  sebenarnya yang terjadi di lapangan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam strategi dagang yang di terapkan oleh para pedagang sayur keliling di Kecamatan Mapilli diantaranya ; strategi dalam menetapkan harga, strategi dalam penjualan barang (produk), strategi dalam mencari pelanggang serta mempertahankan pelanggang dan strategi dalam pengambilan keuntungan. Berdasarka triangulasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa strategi dagang yang diterapkan oleh para pedagang sayur keliling belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.Keywords: Strategi Dagang, Pedagang Sayur, Ekonomi Islam

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Iqtisaduna

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

This study aims to determine the efforts of Islamic Financial Institutions in empowering SMEs, strategies and important roles carried out by LKS in order to empower SMEs through the provision of capital to be managed in business. The method used in this research is descriptive analysis method, a ...