Jurnal Iqtisaduna
Vol 6 No 2 (2020)

Analisis Perilaku Pedagang Kaki Lima Menurut Tinjauan Etika Bisnis Islam

Khairil Umuri (Syiah Kuala University)
Azharsyah Ibrahim (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Pedagang kaki lima merupakan sekelompok orang (komunitas) yang menekuni perdagangan dalam sektor informal yang berbasis kerakyatan. Dalam prakteknya, sering ditemui perilaku pedagang kaki lima yang menyimpang dalam transaksi jual beli, seperti menjual produk yang berbahaya atau menyembunyikan kecatatan barang dagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perilaku pedagang makanan jajanan di Kota Banda Aceh ditinjau menurut etika bisnis Islam. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif analisis, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pedagang makanan jajanan di Kota Banda Aceh telah sesuai dengan etika bisnis Islam, seperti perilaku religius (tawḥid), keseimbangan (‘adl), kehendak bebas (ikhtiyār), tanggung jawab (farḍ), dan kebajikan (iḥsān). 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Iqtisaduna

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

This study aims to determine the efforts of Islamic Financial Institutions in empowering SMEs, strategies and important roles carried out by LKS in order to empower SMEs through the provision of capital to be managed in business. The method used in this research is descriptive analysis method, a ...