Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Vol 3, No 2 (2019): Oktober 2019

PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENEMUKAN IDE BACAAN TEKS DI SMP

H. Masrik, H. Masrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2019

Abstract

Abstrak Pemilihan masalah penulisan kajian makalah Ilmiah ini berdasarkan kenyataan bahwa hasil belajar siswa terhadap materi menemukan Ide Bacaan masih rendah. Padahal dengan dikuasainya pelajaran Bahasa Indonesia ini pada umum siswa tidak mengalami kesulitan untuk mempelajari mata pelajaran lainnya. observasi ini dilaksanakan pada bulan Januari s.d. Mei 2018, karena pada bulanbulan tersebut peserta didik telah selesai ulangan umum dan berada di akhir semester sehingga kondisi siswa dapat diamati sejak awal. Metode Diskusi Kelompok adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam bimbingan. Kegiatan diskusi kelompok merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu individu. Kegiatan diskusi kelompok ini dapat menjadi alternatif dalam membantu memecahkan permasalahan seorang individu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya motivasi dalam pembelajaran metode pembelajaran Diskusi Kelompok tersebut kemampuan siswa terhadap materi menemukan ide bacaan dalam teks dan hasil-hasil belajar akan menjadi optimal. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu. Dengan motivasi yang tinggi maka intensitas usaha belajar siswa akan tinggi pula. Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas belajar siswa. Hal ini akan dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Menemukan Ide Bacaan dalam Teks

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalkpk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, ...