Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Vol 4, No 1 (2020): April 2020

PEMBELAJARAN MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LINGKARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA SEKOLAH DASAR

Samsuri, Samsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2020

Abstract

AbstrakKurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dan kurangnya kemampuan matematika guru, menjadi kendala di dalam pembelajaran matematika. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, bentuk RPP dan skenario pembelajaran Matematika di kelas VI SDN 001 Teluk Sebong, dengan menerapkan model pembelajaran STAD, dengan tahapan sebagai berikut; (1) Guru membentuk kelompok, anggotanya 3 orang secara heterogen; (2) Guru menyajikan pelajaran; (3) Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. (4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti. ; (5) Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (6) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai/poin; (7) Guru memberikan evaluasi; (8) Penutup. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran koopratif STAD, dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Materi Luas Trapesium dan Lingkaran, Kegiatan Pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalkpk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, ...