ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah dan jenis layanan setiap objek wisata dan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap setiap layanan objek wisata di Pantai Nirwana Kota Baubau. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Agustus 2020. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Variabel penelitian yang diamati adalah jumlah dan jenis layanan setiap objek wisata dan tingkat kepuasan konsumen terhadap setiap layanan objek wisata di Pantai Nirwana. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 3 jenis layanan objek wisata yaitu layanan objek wisata wahana permainan, layanan objek wisata keindahan pantai dan layanan fasilitas penunjang. Tingkat kepuasan konsumen berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu tingkat kepuasan untuk layanan objek wisata wahana permainan yang mendapatkan penilaian tertinggi yaitu kehandalan dengan range 3,7 yang menunjukkan kriteria puas. Tingkat kepuasan untuk layanan objek wisata keindahan pantai yang mendapat penilaian tertinggi yaitu bukti fisik dengan range 4,18 yang menunjukkan kriteria puas. Tingkat kepuasan untuk layanan fasilitas penunjang yang mendapatkan penilaian tertinggi yaitu bukti fisik terhadap warung/kantin dengan range 4,55 yang menunjukkan kriteria sangat puas. Kata Kunci : Objek Wisata, Kepuasan, Kualitas Layanan
Copyrights © 2021