Prosiding Konferensi Nasional PKM-CSR
Vol 4 (2021): Peran Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam Mewujudkan Pemulihan dan Resiliensi Masya

PKM PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DALAM PEMBANGUNAN DESA CATUR KINTAMANI MENGWI

I Wayan Ruspendi Junaedi (Unknown)
I Gusti Bagus Rai Utama (Unknown)
Dermawan Waruwu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Penggunaan digital marketing ini dilaksanakan di Desa Catur Kintamani yang berlokasi di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Permasalahan kelompok Penggunaan digital marketing menemukan bahwa (1) Belum tersedianya pusat informasi tempat wisata, (2) Belum terintegrasi wilayah untuk dapat dijadikan sebagai potensi wisata. (3) belum adanya pusat pembuatan konten menarik mengenai promosi budaya, produksi pertanian, dan wisata. (4) Belum ada pengelolaan digital marketing untuk desa wisata Catur Kintamani. Untuk mengatasi masalah tersebut, masyarakat Desa Catur Kintamani memerlukan solusi berupa program PKM dalam bentuk kegiatan sebagai berikut: Sosialisasi potensi wisata dengan tersedianya informasi center, Mengintegrisakan seluruh komponen potensi desa dalam satu program desa wisata, Pembuatan media promosi (content) sebagai bahan digital marketing, dan Pelatihan pemasaran digital sebagai bahan promosi kepada biro perjalanan dan calon wisatawan. Adapun tahapan pelaksanaan Program PKM Penggunaan digital marketing Catur Kintamani ini antara lain: sosialisasi awal, pendampingan, pelatihan, monitoring, evaluasi, dan keberlanjutan program. Pelaksana sosialisasi, pendampingan, pelatihan, monitoring, evaluasi, dan keberlanjutan program ini dilakukan oleh tim pengusul serta dibantu oleh tenaga ahli dari Universitas Dhyana Pura. Tahap sosialisasi dilakukan dengan cara mengumpulkan pengurus dan anggota kelompok, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan dibuka oleh Kepala Desa Catur Kintamani sebagai motivator serta penanggung jawab atas wilayahnya dan masyarakatnya. Tahap pendampingan dan pelatihan dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan serta keterampilan tentang teknik manajemen pengelolaan, manajemen pemasaran, dan manajemen pengembangan. Selanjutnya, monitoring, evaluasi, dan keberlanjutan program dilakukan oleh tim pelaksana, DRPM, LP2M, tenaga ahli, dan Kepala Desa untuk mengkonfirmasi proses atau teknik-teknik yang sudah dilakukan oleh kelompok tersebut. Tim pelaksana dan setiap kelompok melaporkan hasilnya dengan cara presentasi dan dokumentasi. Program PKM ini akan dilaksanakan oleh 3 orang dosen dan dibantu oleh tenaga ahli dari Universitas Dhyana Pura serta melibatkan 4 orang mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pkmcsr

Publisher

Subject

Humanities Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Nursing Public Health Social Sciences

Description

Prosiding PKM-CSR merupakan rangkuman hasil Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (PKM-CSR) yang diselenggarakan setiap tahun oleh kolaborasi beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Pelita Harapan (UPH), Swiss ...