Abstrak. Penelitian ini menggunakan Career Anchor Assessment Inventory; penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dan mengapa orientasi karir siswa diarahkan pada perbedaan jenis kelamin, etnis, dan usia. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan dimensi Big Five Personality Inventory dari aspek conscientiousness untuk menentukan tingkat kesungguhan partisipan dalam pengambilan keputusan karir dan menghubungkannya dengan orientasi karir mereka. Sebanyak 290 partisipan dari SMAN 1 Kuta Utara disurvei. Analisis statistik dilakukan degan menggunakan analisis ANOVA serta uji Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan siswa mendapatkan nilai tertinggi pada dimensi Entrepreneurial Creativity dan Lifestyle, sementera dimensi Managerial Competence paling rendah. Selanjutnya, terdapat perbedaan antara jenis kelamin dan usia dengan dimensi Entrepreneurial Creativity (p= .027) dan Lifestyle (p= .037), sementara tidak ada perbedaan penilaian karir antar etnis. Di sisi lain, ditemukan adanya korelasi antara nilai conscientiousness siswa yang tinggi dengan dimensi Entrepreneurial Creativity yang menunjukkan niat untuk menjadi wirausahawan di masa depan.Kata kunci: Career Anchors, Conscientiousness, jenis kelamin, etnis, usia
Copyrights © 2019