Jurnal Revolusi Indonesia
Vol 1 No 12 (2021): Jurnal Revolusi Indonesia

Pengaruh Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA), Shanghai Index Composite (SSEC), Harga Emas Dunia, Tingkat Inflasi, dan Nilai Tukar atau Kurs USD/IDR terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Assyafa Azharul Ilmy (Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia)
Rusdi Hidayat Nugroho (Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap mobilitas perusahaan go-public, yang pada umumnya mengalami penurunan, dan secara tidak langsung mempengaruhi performa perusahaan di pasar modal. Maka ada hubungan saling mempengaruhi antara pasar modal domestik dengan pasar modal luar negeri, instrumen investasi dalam bentuk lainnya pun turut merasakan dampak psikologis investor, serta keadaan makroekonomi yang mempengaruhi terbentuknya harga di lantai bursa. Penelitian ini menggunakan data skunder berupa ringkasan laporan bulanan indeks yang diperoleh dari website keuangan. Populasi dalam penelitian ini merupakan data time series yang berjumlah 37 bulan dan dimulai dari bulan Agustus 2018 hingga Agustus 2021 dengan penentuan sampel menggunakan sampel jenuh. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hipotesis diuji menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel DJIA, SSEC, Harga Emas Dunia, Inflasi, dan Nilai Tukar USD/IDR berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Secara parsial DJIA, SSEC, Inflasi berpengaruh positif terhadap IHSG, sedangkan variabel Harga emas dunia dan nilai tukar USD/IDR berpengaruh negatif terhadap IHSG.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) is a national scale journal covering social science studies. This journal focuses on community service, public administration, social influence, institutional, local government systems, public health, etc. Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) will be issued regularly ...