Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi penerapan metode Latihan dalam mengembangkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an siswa; dan mngetahui kendala-kendala dalam menerapkan metode Latihan dalam mengembangkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif, yaitu pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Untuk mendapatkan data yang di peroleh penulis menggunakan teknik Observasi, Interview (Wawancara) Mendalam dan dokumentasi, analisis data di lakukan melalui proses Reduksi Data (Data Reduction), Data Display (Display Data), Verifikasi Data (Data Verivication). Hasil Penelitian didapatkan proses pembelajarannya dilakukan setiap hari hingga menjadi suatu kebiasaan dan dengan langkah-langkah belajar aktif. Strategi pembelajrannya diantaranya menambah jam pembelajaran, melakukan evaluasi setelah kegiatan, meningkatkan mutu pendidik serta melakukan komunikasi rutin dengan wali siswa. Kendala yang dialami sekolah maupun pendidik, yaitu kurangnya jam pembelajaran, kurangnya tenaga pendidik di setiap kelasnya, kurangnya kerjasama dengan wali siswa dan peserta didik
Copyrights © 2020