Medium : Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi
Vol 10 No 1 (2022): Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

STRATEGI CITY BRANDING DALAM MEWUJUDKAN SMART CITY DI KABUPATEN SUMEDANG

Raina Aifha Salshabilla (Unknown)
Itca Istia Wahyuni (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Kabupaten Sumedang saat ini tengah fokus dalam melakukan branding smart city dan berhasil meraih peringkat pertama sistem pemerintahan berbasis online dan mengahalahkan 127 kabupaten dan kota lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi city branding dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Sumedang. Penetlitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma kontruktivis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan empat informan, observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode tringulasi sumber data. Berdasarkan dari hasil penelitian strategi city branding yang dilakukan oleh Diskominfosanditik dalam mewujudkan smart yaitu melalui slogan “Sumedang Happy Digital Region” yang kemudian di komunikasikan kepada khalayak melaui media online seperti media sosial dan website Pemerintahan Kabupaten Sumedang dan media konvensional seperti media cetak, Tv, radio dan melalui kegiatan wawar keliling. Peneliti menyimpulkan bahwa Diskominfosanditik berhasil dalam membentuk city branding Sumedang dalam mewujudkan positioning sebagai smart city.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Medium

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal medium menerima artikel naskah di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan tradisi penelitian ilmu komunikasi (Semiotika, Sibernetika, Fenomenologi, Sosiopsikologis, Sosiokultural, Kritis, Retorika). Secara umum objek penelitian ilmu komunikasi yang diterbitkan dalam jurnal Medium adalah ...