Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022): RANGE Januari 2022

PENGAPLIKASIAN BATIK SIDOLUHUR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS SOAL OPEN-ENDED UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Salsabila, Zahrina (Unknown)
Suparni, Suparni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Batik adalah budaya yang populer di Indonesia. Salah satunya adalah batik Sidoluhur. Selain menjadi budaya yang dapat digunakan dalam pentas seni, dan upacara adat di suatu daerah tertentu. Batik Sidoluhur juga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji aspek-aspek matematika pada batik sidoluhur dan mengaplikasikan batik Sidoluhur dalam pembelajaran matematika realistik berbasis soal open-ended. Data dari penelitian ini diperoleh dari studi kepustakaan, dan dokumentasi yang sudah dilakukan peneliti. Dokumentasi penelitian berupa gambar batik yang akan digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari kajian dalam penelitian ini bahwa batik Sidoluhur mengandung konsep-konsep matematika, dan batik Sidoluhur juga dapat diaplikasikan ke dalam pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...