Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur)
Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016

PEMODELAN DENGAN PROTOTIPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM MATERI AJAR : STUDI KASUS FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS BUDI LUHUR

Ari Saputro (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2016

Abstract

Universitas adalah institusi yang bergerak di dunia pendidikan, semakin banyaknya materi bahan ajar dan banyaknya dosen pengajar satu diantara banyaknya mata kuliah, akan  diperlukan suatu koordinasi. Fakultas yang terdiri dari dosen pengajar suatu mata kuliah perlu untuk saling berbagi pengetahuan satu sama lainnya, sehingga dalam memberikan materi ajar tidak terjadi perbedaan pengetahuan pada bahan ajar di mata kuliah yang sama. Agar tidak terjadi perbedaan persepsi dan pengetahuan dalam memberikan materi ajar kepada mahasiswanya, maka diperlukan sebuah media bagi tiap-tiap dosen pengajar dalam membagi knowledge yang dimiliki agar kemampuan dan pengetahuan para dosen pengajar dapat mendekati satu sama lainnya. Dalam menghadapi masalah ini, dapat digunakan sebuah knowledge management untuk mengatur knowledge yang dimiliki oleh tiap dosen pengajar. Dunia teknologi saat ini terus berkembang dan sudah merambah berbagai bidang. Kehidupan sehari-hari dari lingkungan sekitar, kerja, hingga pendidikan banyak yang sudah memanfaatkan teknologi. Sebagai institusi yang bergerak dibidang pendidikan setidaknya pihak perguruan tinggi juga memikirkan bagaimana cara mengelola kinerja para pengajarnya terutama dalam hal pemberian materi kepada para mahasiswa, oleh sebab itu dibutuhkan knowledge management dalam tiap mata kuliah agar materi yang di berikan oleh dosen pengajar mata kuliah dapat sesuai dan seragam, selain itu diharapkan kemampuan yang dimiliki oleh para dosen pengajar tidak terlalu berbeda jauh pengetahuannya satu sama lain. Untuk ujicoba berjalannya pemodelan KM maka metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Focus Group Discussion (FGD). Dengan FGD diharapkan para dosen pengajar terutama pada mata kuliah yang sama dapat berdiskusi dan dapat saling membagi ilmu dan pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing dosen pengajar, sehingga tidak banyak terjadi perbedaan pengetahuan dan ketidak seragaman materi pada materi yang diajarkan. Diharapkan dengan berjalannya penelitian ini, kualitas para dosen pengajar mata kuliah pada Universitas Budi Luhur khususnya pada Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dapat ditingkatkan. Keyword : Knowledge, Knowledge Management, Knowledge Management System, budi luhur, materi ajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

JURNAL BIT (Budi Luhur Information Technology) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur dengan jadwal publikasi dua kali dalam satu tahun (April dan September). Jurnal BIT bertujuan sebagai media pertukaran informasi, pengetahuan mengenai ...