SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 2 No. 1 (2022)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENGGUNAAN LANGKAH POLYA

NARLIAH NARLIAH (SMP Negeri 02 Rumbia)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Effective learning is learning that is able to change the behavior of students which includes knowledge, reasoning, skills and habits. Mathematics learning in schools has two goals, namely (1) the formation of students' characters who are logical, critical, rational, careful, effective and efficient and (2) the implementation of the results in everyday life and the development of science. According to the author's observations as a mathematics teacher at this junior high school, most of the eighth grade students cannot solve story problems correctly. In addition, the administration of exams, whether in the form of a national competency assessment or school exams using multiple choice questions, can stimulate students to complete with shortcuts. This causes students to find it increasingly difficult to work on story questions that are challenging and require higher thinking. To improve students' skills in solving story problems, it is necessary to emphasize the use of procedural steps as recommended by George Polya, namely understanding the problem, compiling a settlement plan, implementing a settlement plan and checking the results obtained. This research was carried out in two cycles. In the first cycle, it was found that the students' skills in solving the story problems of the Two Variable Linear Equation System were not maximized. The percentage of skills reaches 45% and completeness of learning reaches 40%. In the second cycle after reflection and improvement, the percentage of skills obtained is 75% while learning completeness reaches 76%. Thus, students' skills increased by 30% and learning completeness increased by 36%. From this study, it was concluded that through the use of the Polya step, the skills of class VIII C students of SMP Negeri 02 Rumbia in the 2020/2021 academic year in solving story problems of a two-variable linear equation system could be improved. Finally, the author suggests the VIII grade math teacher at SMP Negeri 02 Rumbia to be able to use Polya's steps in learning related to story problems so that students can solve problems systematically. ABSTRAKPembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mampu mengubah perilaku peserta didik yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan dan kebiasaan. Pembelajaran matematika di sekolah mengemban tercapainya dua sasaran yaitu (1) terbentuknya karakter peserta didik yang logis, kritis, rasional, cermat, efektif dan efisien dan (2) implementasi hasil dalam kehidupan sehari- hari dan pengembangan ilmu pengetahuan. Menurut pengamatan penulis sebagai guru matematika di SMP ini, sebagian besar siswa kelas VIII tidak dapat menyelesaikan soal cerita dengan benar. Di samping itu penyelenggaraan ujian baik itu berupa Asessmen kompetensi nasional maupun ujian sekolah yang menggunakan soal pilihan ganda dapat merangsang siswa untuk menyelesaikan dengan jalan pintas. Hal ini menyebabkan siswa semakin sulit mengerjakan soal-soal cerita yang menantang dan menuntut pemikiran lebih tinggi. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perlu ditekankan penggunaan langkah prosedural sebagaimana dianjurkan oleh George Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa hasil yang diperoleh. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel belum maksimal. Persentase keterampilan mencapai 45% dan ketuntasan belajar mencapai 40%. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentase keterampilan sebesar 75% sedangkan ketuntasan belajar mencapai 76%. Dengan demikian keterampilan siswa meningkat 30% dan ketuntasan belajar meningkat 36%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penggunaan langkah Polya, keterampilan siswa kelas VIII C SMP Negeri 02 Rumbia Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan. Akhirnya penulis menyarankan kepada guru matematika kelas VIII SMP Negeri 02 Rumbia untuk dapat menggunakan langkah Polya dalam pembelajaran berkaitan dengan soal cerita sehingga siswa dapat menyelesikan soal secara sistematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...