Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 5, No 1 (2021): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah Terhadap Kemahiran Menulis Santri Tk/Tpa Al-Musthofainal Akhyar Unit 099 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala

Zahra Humairah (Unknown)
Muhammad Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode sambung huruf hijaiyah berpengaruh terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala? 2) Bagaimana pengaruh metode sambung huruf hijaiyah terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala?.Metode Pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan Teknik analisis data yaitu uji paired sampel t-test dan uji N Gain.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Sambung Huruf Hijaiyah berpengaruh terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala. Dengan mengacu pada nilai Ujian Kelas Eksperimen dimana  terjadi peningkatan nilai rata rata pada Post Test setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Sambung Huruf Hijaiyah. Begitu pula dengan hasil dari Uji Paired Sample T Test, dimana nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 0,05. 2) Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala termasuk dalam kategori tinggi. Dengan mengacu pada nilai N Gain sebesar 0,86 0,7.Kata Kunci : Metode Sambung Huruf Hijaiyyah, Kemahiran Menulis, TK/TPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-maraji

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali ...