Abstrak: Pembelajaran IPA membutuhkan model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik membangun pengetahuan selama proses kognitif. Untuk lebih memahami masalah, topik, dan isu yang muncul di lingkungan peserta didik, guru menggunakan berbagai sumber, informasi, dan ide untuk mempelajari, salah satunya adalah dengan model pembelajaran Kurikulum 2013. Keterampilan proses sains adalah keterampilan berpikir yang digunakan untuk membangun pengetahuan, memecahkan masalah, dan merumuskan hasil. Dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing, siswa diberikan masalah, topik, dan pertanyaan, dan metode serta analisis hasil dan kesimpulan dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan intensif dari guru. Metodologi yang digunakan dalam penulisan artikel ini mendokumentasikan hasil studi pengembangan dari beberapa jurnal yang dilakukan oleh para peneliti dan dianalisis serta divalidasi oleh penulis dengan menggunakan referensi dan studi pustaka. Analisis penulis menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat melatih dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Copyrights © 2022