Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 8: Januari 2022

PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR MELALUI PEMANFATAN LIMBAH LOKAL DI DESA WOISE KECAMATAN LAMBAI: Indonesia

Nursalam (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Syahrir (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Masitah (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Kartomo (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Hairmaudiana (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Rahayu Sudianti (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Febrianti (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Alip Nurjadin (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Andika Tangketasik (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Pupuk organik cair adalah larutan dari hasil pembusukan bahan organik yang berasal dari sisa tanaman, limbah agroindustri, dan kotoran hewan yang memiliki kandungan lebih dari satu unsur hara. Pada dasarnya pupuk organik cair lebih baik dibandingkan dengan pupuk organik padat. Hal ini disebabkan penggunaan pupuk organik cair memiliki beberapa kelebihan yaitu pengaplikasiannya lebih mudah, unsur hara yang terdapat didalam pupuk cair mudah diserap tanaman, banyak mengandung mikroorganisme. Metode yang digunakan adalah pendekatan teknik pengembangan masyarakat (community development) dengan bentuk kegiatan berupa penyuluhan, pelatihan, difusi ipteks dan pendampingan masyarakat. Mitra kegiatan ini adalah sejumlah anggota kelompok tani Desa Woise Kecamatan Lambai Kabupaten Kolaka Utara. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat merespon, dengan rasa penasaran para petani, sangat semangat dalam menerima materi serta mampu membuat pupuk organik cair (POC). Dalam kegiatan ini petani dilatih membuat pupuk organik cair dari ekstrak dedaunan segar untuk dibuat menjadi pupuk organik cair (POC).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...