Pembelajaran merupakan suatu proses untuk menumbuhkembangkan potensi anak kearah yang positif. Tetapi faktanya masih sedikit guru yang menggunakan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa didalam pembelajaran tersebut dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada materi kalyanamitta pendidikan agama Buddha. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Bodhicitta Medan, dilaksanakan pada bulan februari sampai Juni 2020. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Model pembelajaran dilakukan dalam empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan (observasi) serta refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mencatat hal-hal yang terjadi, dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran pendidikan agama Buddha khususnya materi kalyanamitta pada siklus I terdapat 26 orang siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 34 orang telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada post test siklus I memperoleh nilai rata-rata 70, sedangkan post test siklus II terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata menjadi 79. Dari hasil itu sebagian besar siswa telah mencapai KKM sekolah yang ditentukan. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021