JURNAL STUDIA ADMINISTRASI
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Studia Adminstrasi

ANALISIS BELANJA PEGAWAI DALAM APBD PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN ANGGARAN 2019-2020 (Studi Kasus Anggaran Belanja Pegawai di Masa Pandemic Covid-19)

Yan Megawandi (Unknown)
Mulya ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 berakibat pada berkurangnya jumlah APBD padahal di saat yang sama untuk mengatasi pandemi maka belanja publik justru harus ditingkatkan baik untuk mengurangi penyebaran dan antisipasi dampaknya. Penelitian ini ingin melihat bagaimana dampak Covid-19 pada anggaran belanja pegawai di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan melalui observasi pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa belanja pegawai pada belanja tidak langsung mengalami penurunan sebesar 6,66 persen. Sedangkan belanja pegawai pada pos belanja langsung mengalami kenaikan sangat tinggi yaitu mencapai 200,73 persen. Hal tersebut terjadi karena adanya kenaikan pada belanja honor PNS sebesar 954,81 persen dan kenaikan belanja pegawai non PNS 221,97 persen, serta belanja pegawai BOS sebesar 19,31 persen. Meningkatnya belanja pegawai tersebut membuat persentase belanja pegawai terhadap belanja daerah secara total Tahun 2020 merupakan yang tertinggi dalam lima Tahun terakhir yaitu 35,38 persen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jian

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Studia Administrasi is a peer-review journal published by Department of Public Administration STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Governance, Public organization, Public policy, Public service, Management, Bureaucratic ethics, ...