Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Tekad Tekad (Politeknik Negeri Tanah Laut)
Rina Pebriana (Politeknik Negeri Tanah Laut)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan 1 (satu) variabel manipulasi yakni model Team-Based Project; dan 2 (dua variabel respon yakni keterampilan komunikasi dan keterampilan Kolaborasi. Penelitian didesain menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. dengan menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas ekesperimen akan mendapat pelakuan dengan model Team-Based Project. Setelah mendapat perlakuan, masing-masing kelas akan diberikan posttest untuk mengetahui keadaan akhir. Setelah itu dilakukan Uji Prasyarat Analisis Data, yakni uji normalitas dan uji homogenitas varian. Analisis data dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni paired t-test dan independent t-test. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Dengan demikian, model pembelajaran Team-Based Project dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran khususnya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...