Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan 1 (satu) variabel manipulasi yakni model Team-Based Project; dan 2 (dua variabel respon yakni keterampilan komunikasi dan keterampilan Kolaborasi. Penelitian didesain menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. dengan menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas ekesperimen akan mendapat pelakuan dengan model Team-Based Project. Setelah mendapat perlakuan, masing-masing kelas akan diberikan posttest untuk mengetahui keadaan akhir. Setelah itu dilakukan Uji Prasyarat Analisis Data, yakni uji normalitas dan uji homogenitas varian. Analisis data dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni paired t-test dan independent t-test. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Dengan demikian, model pembelajaran Team-Based Project dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran khususnya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi mahasiswa.
Copyrights © 2021