Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember

Persepsi Mahasiswa Teknik Informatika Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19

Nur Qomariyah Nawafilah (Universitas Islam Lamongan)
Masruroh Masruroh (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Teknik Informatika terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah matematika (kalkulus dan statistik) selama masa pandemi Covid-19. Penilaian persepsi mahasiswa dibatasi pada tiga aspek, yakni proses belajar mengajar, kapabilitas (kompetensi dosen), dan sarana dan prasarana. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan yang sedang mengambil mata kuliah kalkulus dan statistik pada semester Ganjil TA 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form dan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah matematika adalah positif, dengan rincian aspek belajar mengajar sebesar 65%, aspek kapabilitas (kompetensi dosen) sebesar 74%, dan aspek sarana dan prasarana sebesar 74%. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...