Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 7, No 2 (2021): Juli - Desember

Model Analisis Jalur Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Siswa dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Muhammad Amin Paris (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)
Wahdatun Nufus (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung, tidak langsung dan keseluruhan motivasi belajar, disiplin siswa, dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausal dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX, dengan jumlah siswa sebanyak 240 siswa. Teknik simple random sampling digunakan untuk sampel 120 siswa dari kelas IX A sampai H dari populasi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan model skala likert angket, tes, wawancara dan dokumen. Kuesioner dan tes diuji validitas dan reliabilitas sebelum penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan asosiatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur dengan bantuan software Lisrel 8.80, yang terdiri dari beberapa hipotesis klasik yang harus dipenuhi yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, disiplin siswa dan metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan secara langsung, tidak langsung dan secara keseluruhan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...