Jambura Economic Education Journal
Vol 4, No 1 (2022): JANUARY 2022

PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Usman Moonti (Universitas Negeri Gorontalo)
Melizubaida Mahmud (Unknown)
Irwan Yantu (Unknown)
Aqil Bahsoan (Unknown)
Abdul Kitfir Albakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap minat melanjutkan studi di Program Studi  S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 kota gorontalo. Dengan mengetahui variabel persepsi siswa berpengaruh terhadap variabel minat siswa melanjutkan studi, Maka dapat disimpulkan bahwa Persepsi siswa tentang pentingnya pendidikan, manfaat apa yang akan siswa dapat dari proses pendidikan, dan segala informasi yang berhubungan dengan pendidikanlah yang akan membuat siswa lebih tertarik untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo dengan jumlah populasi sebanyak 185 siswa dan sampel sebanyak 37 siswa atau 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan  teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan taraf kesalahan 5%. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap minat siswa melanjutkan studi dengan koefisien korelasi sebesar 0,835 dan koefisien determinasi sebesar 0,696, sehingga dapat dikatakan korelasinya positif. Selanjutnya, t hitung sebesar 8,962 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,030, maka terdapat pengaruh signifikan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...