Progresif : Media Publikasi Ilmiah
Vol. 1 No. 1 (2013): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH

STRATEGI PERENCAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK: (STUDI KASUS DI TK AL-QUR’AN PLUS DARUSSALAM KRAKSAAN PROBOLINGGO)

Eddy Basuki (Universitas Bondoowoso)
Gunawan Gunawan (Universitas Bondowoso)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami karakteristik anak, (2) mengetahui peranan pentingnya pendidikan karakter, (3) mengetahui strategi perencanaan pendidikan karakter pada anak di Taman Kanak-kanak, dan (4) mengetahui bagaimana penerapan strategi perencanaan pendidikan karakter pada anak di TK Al-Qur’an Plus Darussalam Kraksaan Probolinggo. Dalam penelitian ini digunakan metode studi kasus. Penelitian memperoleh kesimpulan: (1) Karakteristik anak TK memiliki cara berfikir yang bersifat kongkret, transduktif, dan sinkretik.; (2) Pendidikan karakter bertujuan mengembangkan nilai-nilai yang membentuk karakter bangsa yaitu Pancasila dan berfungsi untuk membangun kehidupan kebangsaan yang multikultural, membangun peradaban bangsa yang cerdas, berbudaya luhur, dan mampu berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan ummat manusia, mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik serta keteladanan baik, dan membangun sikap warganegara yang cinta damai, kreatif, mandiri, dan mampu hidup berdampingan dengan bangsa lain dalam suatu harmoni. Pendidikan karakter bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi faham (kognitif) tentang yang benar dan mana yang salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotorik); dan (3) Lima strategi pendidikan berkarakter anak, antara lain; keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan pembudayaan, integrasi dan internalisasi serta yang terakhir menciptakan kondisi kondusif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

This journal is published twice a year, in April and November. Progressive journals accept submissions of articles that have never been published in other media. Progressive journals are committed to implementing ethical standards for publication. Therefore, Progressive Journals have formulated ...