JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 4 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

KEMAMPUAN TECHNOLOGI PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) MAHASISWA CALON GURU PGSD MELALUI PRESENTASI DI KELAS

Nurfidah, Nurfidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh calon guru. Untuk itu, tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan Technologi Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru PGSD melalui Presentasi di Kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari 53 mahasiswa, hanya 30 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian di STKIP Harapan Bima yang mengikuti mata kuliah kajian bahasa Indonesia SD. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar penilaian presentasi yang digunakan selama perkuliahan dan lembar observasi. Analisis dan observasi dilakukan difokuskan pada pengembangan kemampuan mahasiswa calon guru dalam Technologi Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru dalam Technologi Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) tergolong cukup baik. TPACK merupakan salah satu jenis  pengetahuan baru yang harus dikuasai calon guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. Selain itu, TPACK telah menjadi kerangka kerja atau framework yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan guru terkait dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran sesuai dengan perubahan zaman digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...