JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 5, No 4 (2021): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Kajian Kesesuaian Lahan Untuk Budidaya Tanaman Obat Mencegah Penyebaran Covid-19 Dengan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (GIS)

Junaidin Junaidin (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Mas’ad Mas’ad (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dapat memberikan jawaban bahwa potensi daerah setempat cukup potensial dan perlu dimanfaatkan secara bijaksana untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi lahan budidaya tanaman obat sebagai upaya meningkatkan Imunitas Tubuh terhadap Covid-19 dan mendapatkan data base kesesuaian kawasan budidaya tanaman obat dengan penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai kawasan tanaman obat di Kawasan Suku Sambore. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan MLA (Multidiciplinaire Landscape Assessment) yaitu suatu metode untuk menentukan “sumber daya apa yang paling penting bagi masyarakat. Instrumen penelitian yang kami hadirkan adalah alat yang digunakan dalam proses penelitian seperti GPS, benchmarking, termometer, kompas geologi. , stpowatch, sechi disk, salinometer, dan software analisis data GIS serta didukung dengan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, dokumentasi dan eksperimen sehingga penelitian ini dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil dan pembahasan Kesesuaian Lahan Budidaya Tanaman obat sebagai upaya meningkatkan Imunitas Tubuh terhadap Covid-19 dengan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG), berdasarkan hasil survey Masyarakat pedesaan khususnya masyarakat suku Sambori yang hidup dikawasan hutan menggantungkan hidupnya kepada lingkungan dan alam sekitarnya. Interkasi antara masyarakat suku Sambori dengan dengan lingkungannya memanfaatkan bentang alam, bentang daratan, lanscope melahirkan budaya serta pengetahuan yang secara tidak disengaja menjadi kesepakatan dalam bentuk perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Pembagian satuan lingkungan oleh masyakat Suku Sambori pada awalnya dibagi atas hasil kesepakatan para sesepuh desa yang sudah lama menetap di desa Sambori. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...