Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2017)

Pengembangan Model Pembelajaran Kuantum Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Cantika Dinda Pangesti (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Erliany Syaodih (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Ilyas Ilyas (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada salah satu SMA di Bandung dan salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga dipandang perlu melakukan inovasi pembelajaran diantaranya menggunakan model pembelajaran kuantum tipe Tandur. Tujuan penelitia]n ini adalah memperoleh model pembelajaran Kuantum Tandur yang efektif meningkatkan hasil belajar dan guna memperoleh tujuan tersebut digunakan metode penelitian Research and Development yang dilaksanakanĀ  dalam tiga tahapan kegiatan, yaitu,studi pendahuluan, pengembangan dan pungujian. Melalui hasil uji coba pada kelas eksperimen diperoleh model pembelajaran Kuantum tipe Tandur baru yaitu dengan mengkombinasikannya dengan metode Mind Mapping. Menggunakan model pembelajaran ini ada peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp2ea

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi (JP2EA) ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pendidikan dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi. JP2EA diterbitkan oleh ...