Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2017)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Anisa Mardiana (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Erliany Syaodih (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
ilyas Ilyas (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Konsentrasi siswa dalam pembelajaran adalah kemampuan siswa yang harus sudah tertanam di dalam dirinya, dikarenakan dengan konsentrasi penuh dari setiap siswa dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan kompetensi yang ditetapkan dan pembelajaran dapat diterima oleh siswa secara baik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupannya, namun dalam pelaksanaannya ketika belajar, konsentrasi siswa seringkali buyar dan permasalahan ini menuntut seorang guru untuk menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa antara yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model tanya jawab. Desain penelitian yang digunakan adalah model quasi eksperimen dengan sampel tidak acak. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 25 Bandung. Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan peningkatan konsentrasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model tanya jawab, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan modelĀ  pembelajaran kooperatif teknik think pair share berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp2ea

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi (JP2EA) ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pendidikan dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi. JP2EA diterbitkan oleh ...