Penelitian ini berjudul “Model Pembelajran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada pembelajaran Ekonomi ”. Kurang terlatihnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) didalamnya termasuk penggunaan model deskriftif dan penelitian tindakan. Pelaksanaan model R & D dibagi menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Populasi yang digunakan adalah kelas X IIS di SMA Negeri 11 Bandung. Pengambilan sampel untuk uji coba menggunakan teknik cluster random, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design, dalam Nonequivalent control group design Hasil penelitian dan pembahasan, dilakukan perubahan desain model pembelajaran PBL pada tahap membangaun struktur kerja dengan pembelajaran berkelompok, dan pada langka-langkah pembelajaran PBL diberikan variasi pada tahap pengumpulan data dengan diberikan variasi penayangan gambar=gambar yang dapat membuka wawasan berfikir siswa, dan pada tahap berbagi solusi, dan hipotesis diterima.
Copyrights © 2018