Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi
Vol. 4 No. 2 (2018)

Model Pembelajaran Problem Bases Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peseta Didik pada Pembelajaran Ekonomi

Rita Zahara (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Pembelajran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada pembelajaran Ekonomi ”. Kurang terlatihnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) didalamnya termasuk penggunaan model deskriftif dan penelitian tindakan. Pelaksanaan model R & D dibagi menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Populasi yang digunakan adalah kelas X IIS di SMA Negeri 11 Bandung. Pengambilan sampel untuk uji coba menggunakan teknik cluster random, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design, dalam Nonequivalent control group design Hasil penelitian dan pembahasan, dilakukan perubahan desain model pembelajaran PBL pada tahap membangaun struktur kerja dengan pembelajaran berkelompok, dan pada langka-langkah pembelajaran PBL diberikan variasi pada tahap pengumpulan data dengan diberikan variasi penayangan gambar=gambar yang dapat membuka wawasan berfikir siswa, dan pada tahap berbagi solusi, dan hipotesis diterima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jp2ea

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi (JP2EA) ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pendidikan dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi. JP2EA diterbitkan oleh ...