Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 6, No 2 (2021): Bioedusiana

Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Narestuti, Agi Septiari (Unknown)
Sudiarti, Diah (Unknown)
Nurjanah, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Keberhasilan pembelajaran abad 21 dapat diukur dengan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kegiatan pembelajaran dikelas, pembelajaran dikelas sangat berpengaruh dalam tercapainya prestasi belajar yang baik. Untuk mencapai prestasi maka siswa juga harus aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan di MTs Ma’arif Ambulu dengan menggunakan media pembelajaran komik digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan berupa 1) Perencanaan, 2) Pemberian Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Ambulu sebanyak 30 siswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan media pembelajaran digital komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Ambulu. Berdasarkan penelitian presentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61% dengan kualifikasi cukup meningkat dan siklus II dengan presentase 93% dengan kualifikasi meningkat. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan diterapkannya media pembelajaran komik digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...