EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Pendidikan Anak Usia Dini

Chresty Anggreani (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi platform dan mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19 di PAUD. Jenis penelitian yang digunanakan adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data berupa kuisioner melalui googleform yang terdiri dari 121 PAUD di Indonesia. Berdasarkan analisis data diperoleh platform pembelajaran yang digunakan di lembaga PAUD yaitu: whatsapp dengan 98 pengguna (74,8%), video call 11 pengguna (8,4%), youtube 9 pengguna (6,9%), zoom meeting 8 pengguna (6,1%), google classroom 2 pengguna (1,5%), kemudian email, facebook, telegram masing-masing 1 pengguna (0,8%). Whatsapp paling banyak digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD. Adapun permasalahan yang paling banyak dihadapi seperti jaringan internet yang kurang maksimal, terbatasnya kouta, dan masih kurangnya pengetahuan pendidik dan orang tua dalam menggunakan perangkat pembelajaran daring. Sehingaa pendidik harus kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak dalam mendapatkan pengajaran untuk mengembangkan aspek perkembangan dan potensinya di masa Pandemi Covid-19. Pendidik juga harus meningkatkan pengembangan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk penguasaan IT. Selain itu juga, perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah maupun pusat untuk memfasilitasi jaringan wifi gratis disetiap lembaga pendidikan dan menyediakan kouta gratis bagi pendidik maupun orang tua sehingga pembelajaran dapat terlaksana sesuai denga tujuan yang diharapkan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...