EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Relevansi Pendidikan Kritis Henry Giroux dengan Pendidikan Agama Kristen di Indonesia

Johanes Kornelius Panjaitan (Universitas Kristen Indonesia, Indonesia)
Juanda Manullang (Institut Agama Kristen Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Tulisan ini merupakan kritik terhadap praktik Pembelajaran PAK yang selama ini sering sekali membelenggu peserta didik dengan menggunakan teori Pendidikan Kritis Henry A. Giroux sebagai rujukan dasar kritik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Ada pun metode yang di gunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan studi kepustakaan dengan mengumpulkan data yang relevan  dengan topic atau permasalahan yang ada dalam penelitian ini.. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pentingnya  a) PAK yang bersifat demokrasi  di mana peserta didik menjadi subjek aktif di dalamnya; b) Guru PAK dan murid menjadi agen kritis yang mempertanyakan pengetahuan dan kekuasaan; c) terdapat kesamaan di mana pendidikan kritis dan PAK merupakan disiplin ilmu yang ingin membebaskan dari bentuk penindasan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...